25 Mei 2009

Serapan Tenaga Kerja Perikanan Turun 85 Persen per Tahun

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/read/2009/05/05/76222/4/2/Serapan_Tenaga_Kerja_Perikanan_Turun_85_Persen_per_Tahun

Minggu, 24 Mei 2009 22:00 WIB


JAKARTA--MI: Penyerapan tenaga kerja di sektor perikanan dalam tiga tahun terakhir anjlok hingga lebih dari 85 persen per tahun.

"Total penyerapan tenaga kerja sektor perikanan pada 2006 mencapai 1.207 orang. Pada 2008, penyerapan tenaga kerja sektor perikanan mengalami penurunan drastis menjadi 173 orang saja per tahun," kata Kepala Riset Pusat Kajian Pembangunan Kelautan dan Peradaban Maritim (PK2PM) Suhana di Jakarta, Minggu (24/5).

Suhana mengatakan, buruknya iklim investasi dan usaha sektor perikanan selama ini telah berdampak pada penyerapan tenaga kerja di sektor perikanan.

Data BKPM 2009 menunjukkan bahwa penyerapan tenaga kerja sektor perikanan periode 2006 hingga 2009 terus turun. Bahkan diperhitungkan penurunannya mencapai 85,66 persen.

Buruknya iklim investasi sektor perikanan ini, menurut Suhana, juga mempengaruhi pertumbuhan nilai ekspor-impor sektor perikanan yang rata-rata turun sebesar 2,42 persen per tahun.

Dampak menurunnya iklim investasi dan kinerja usaha sektor perikanan telah menurunkan kinerja neraca perdagangan ekspor-impor produk perikanan di tanah air.

Data BPS 2009 menunjukkan bahwa pertumbuhan nilai neraca perdagangan ekspor-impor produk perikanan Indonesia dalam kurun waktu 2006 hingga 2008 turun 2,47 persen per tahun.

Sementara itu, pertumbuhan neraca volume perdagangan ekspor-impor produk perikanan Indonesia mengalami penurunan sebesar 0,02 persen per tahun.

Berdasarkan data BPS tersebut, penurunan kinerja neraca perdagangan ekspor-impor produk perikanan tersebut lebih disebabkan oleh terus meningkatnya volume dan nilai impor produk perikanan Indonesia.

Suhana mengatakan, berdasarkan publikasi triwulan pertama 2009 dari tiga lembaga negara bidang ekonomi, yaitu Bank Indonesia, Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia (BKPM), dan Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan perekonomian sektor perikanan kian terpuruk.

Itu dapat dilihat dari terus menurunnya nilai investasi, rendahnya daya serap tenaga kerja, menurunnya kinerja dunia usaha sektor perikanan, menurunnya neraca perdagangan produk perikanan, dan menurunnya kinerja produksi perikanan Indonesia. (Ant/OL-04)

Tidak ada komentar:

Saatnya Mewujudkan Negara Kepulauan Indonesia

"UUD 1945 Pasal 25E telah mengamantkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah sebuah negara kepulauan yang berciri nusantara dengan wilayah yang batas-batas dan hak-haknya ditetapkan dengan undang-undang"
”Untuk membangun Indonesia menjadi negara besar, negara kuat, negara makmur, negara damai yang merupakan National Building bagi negara Indonesia, maka negara dapat menjadi kuat jika dapat menguasai lautan. Untuk menguasai lautan, kita harus menguasai armada yang seimbang.” (Pidato Bung Karno yang disampaikan dalam National Maritime Convention I tahun 1963)